Jenis-Jenis Ikan Arwana Terbaik Yang Paling Di Cari

Jenis-Jenis Ikan Arwana Terbaik Yang Paling Di Cari

Jenis-Jenis Ikan Arwana Terbaik - Ya siapa yang tak kenal dengan ikan arwana, ikan yang satu ini merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar terpopuler bagi para pecinta ikan hias. Ikan arwana sendiri memiliki nama latin Scleropages formosus dan sering juga disebut dengan ikan naga (dragon fish), saratoga, barramundi, pla tapad, siluk, kayangan, peyang, kelesa, tangkelese atau arowana.

Banyak orang yang memelihara ikan ini karena dipercaya sebagai pembawa hoki dan dipercaya bisa menjaga rumah dari arwah pengganggu. Tetapi ini hanyalah mitos belaka yang beredar di masyarakat. Di sisi lain, ikan arwana memang sangat cantik dan memiliki banyak jenis. Ikan arwana biasa hidup di rawa-rawa yang tersebar di beberapa negara asia tenggara dan seluruh dunia. Di indonesia sendiri ikan ini tersebar di sekitaran Irian sampai Kalimantan.

Ikan arwana memiliki bentuk yang indah dan unik, bentuknya yang memanjang dan ramping menyerupai pisau. Selain itu, ikan cantik ini juga mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu dua buah sungut yang berada di bibir bawahnya dan ikan ini juga memiliki varian warna yang sangat mempesona. Sungut tersebut berguna sebagai sensor getar untuk mengetahui posisi mangsa ataupun musuhnya.

Seiring dengan keberadaannya di alam yang terancam punah menjadi salah satu faktor tingginya minat dan permintaan pasar dan menyebabkan harga dari ikan arwana ini juga kian melangit. Walaupun ikan yang satu ini terancam punah akan tetapi perdagangan ikan arwana tetap diperbolehkan secara hukum meskipun status perlindungannya sudah masuk Appendix I CITES dengan syarat arwana yang diperdagangkan adalah hasil penangkaran. Terdapat berbagai jenis ikan arwana mulai dari yang termahal sampai yang terbaik.

Jenis-Jenis Ikan Arwana Terbaik

Apakah Anda siap untuk memiliki ikan hias air tawar yang satu ini.? Maka dari itu Anda harus mengenal terlebih dahulu beberapa jenis ikan arwana.

Ada beragam jenis ikan arwana yang terdapat di seluruh dunia kira kira sekitar kurang lebih 15 jenis. Namun kali ini kita hanya akan membahas jenis-jenis ikan arwana terpopuler di indonesia. Berikut rangkumannya
  1. Jenis Ikan Arwana Super Platinum


  2. Ikan yang hanya bisa ditemukan di Benua Amerika ini memiliki rating yang sangat tinggi di mata para pecinta ikan arwana. Karena hanya 1 : 100 dari kelahiran ikan arwana platinum biasa kita dapat menemui ikan arwana super platinum yang satu ini, Cukup langkah bukan. Karena kelangkaan inilah yang membuat ikan arwana super platinum ini di hargai dengan nominal yang sangat tinggi dan oleh itu ikan arwana satu ini masuk dalam deretan "Ikan Arwana Termahal Di Dunia".

    Ikan ini dapat tumbuh hingga mencapai 50-60 cm. Walaupun ikan ini berasal dari benua amerika, namun sekarang cukup mudah menjumpainya di indonesia karena tidak sedikit para peternak/pembudidaya ikan arwana jenis satu ini.

    Untuk harga ikan arwana platinum kualitas standar saja dapat dijual seharga Rp. 30.000.000 per ekor. Sedangkan untuk harga ikan arwana super platinum kualitas terbaik di jual hingga Rp. 100.000.000 per ekornya.

  3. Jenis Ikan Arwana Super Red


  4. Nah jika kalian bertanya tanya jenis apa yang berasal dari indonesia. Inilah dia ikan yang berasal dari indonesia. Arwana Super Red ini merupakan salah satu jenis ikan endemik yang berasal dari berbagai tempat di Provinsi Kalimantan Barat, seperti dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum yang sudah dikenal sebagai habitat dari Super Red (Chili dan Blood Red).

    karena ikan yang satu ini sangat mudah di budidayakan hal itu membuat ikan arwana super red dapat kita temui di berbagai daerah di indonesia. Ikan Arwana super red dikelompokkan menjadi 4 varietas, yaitu Merah Darah(Blood Red), Merah Cabai (Chili Red), Merah Orange (Orange Red), dan Merah Emas(Golden Red). Nah dua di antara keempat varietas tersebut di gabungkan terbentuklah ikan arwana super red. Dikarenakan warna merah dan bentuk tubuh yang elegan ikan arwana jenis ini di patok dengan harga yang sangat tinggi.

    Selain itu harga tinggi dari ikan arwana super red ini dikarenakan masyarakat Tionghoa menganggap warna merah merupakan lambang kemakmuran dan kesejahteraan.

    Arwana super red dewasa biasa dibandrol seharga Rp 25.000.000 per ekor. Sedangkan untuk harga ikan arwana super red kualitas terbaik ataupun sudah juara bisa dibandrol hingga ratusan juta rupiah. Dan untuk harga ikan arwana anakan jenis ini berkisar Rp 3.500.000. per ekornya (ukuran 10 cm ).

  5. Jenis Ikan Arwana Banjar Red


  6. Ciri khas dari ikan arwana banjar red adalah kepala kecil yang membulat dengan mulut dan bentuk tubuh sempurna. Untuk warna, jenis ikan arwana satu ini hampir sama dengan ikan arwana super red, tetapi varietas arwana super red kelas 2 karena dominan warna keemasannya. Maka sebelum membeli lebih baik perhatikan dengan seksama ciri khusus dari ikan arwana banjar red ini karena perawakannya cukup mirip dengan ikan arwana super red.

    Ya tentu saja ikan arwana banjar red ini berasal dari indonesia. lihat saja namanya pasti Anda tahu ikan ini endemik daerah mana kan. Dan untuk harga ikan arwana jenis ini terbilang cukup mahal kisaran 650 rb - 8 juta-an.

  7. Jenis Ikan Awana Irian


  8. Seperti namanya, jenis ikan arwana satu ini berasal dari Kabupaten Irian Jaya, Papua, Indonesia. Tetapi sebenarnya ikan ini memiliki nama lain yaitu jardini dan ikan arwana jenis jardini ini berasal dari australia. Karena ikan ini dapat di temukan dengan mudah di indonesia maka tidak sedikit para pecinta ikan menyebut ikan ini sebagai ikan arwana irian.

    Di lihat dari warnanya ikan ini memiliki warna dasar hitam kesilveran dengan ukuran kepala lebih kecil dari tubuhnya ikan arwana irian ini pun memiliki ciri khas, yaitu bintik-bintik kuning yang menyerupai batik. Pada dasarnya ikan arwana irian ini memiliki dua jenis warna dasar yaitu ikan arwana irian dengan warna dasar lebih gelap dan lebih terang.

    Ikan yang mempunyai warna dasar lebih gelap merupakan scleropages jardini dan yang mempunyai dasar lebih terang adalah scleropages leichharti.

    Untuk harga sendiri ikan arwana irian dewasa berkisar Rp 2.500.000 per ekornya. Semakin silver dan terlihat jelas pola bintik-bintik pada ikan arwana irian tersebut, maka harga ikan arwana jenis ini akan lebih mahal.

  9. Jenis Ikan Arwana Black Brazil


  10. Seperti namanya, jenis ikan arwana ini berasal dari Brazil, Amerika Selatan. Banyak orang yang salah dalam membedakan ikan arwana brazil dan ikan arwana silver. Dikarenakan ciri khas dari ikan arwana brazil memiliki warna dasar silver kehitaman dengan bentuk tubuh memanjang dan ukuran kepala lebih besar dari tubuhnya yang sedikit mirip dengan arwana silver. Yah seperti namanya, jenis ikan arwana ini berasal dari Brazil, Amerika Selatan. Namun jangan sedih karena di indonesia pun sudah banyak para pembudidaya yang beternak ikan arwana jenis ini.

    Untuk harga sendiri terbilang cukup murah, ikan arwana black brazil ini dijual seharga Rp 3.000.000 per ekor. Dan 150.000 per ekor untuk anakannya.

  11. Jenis Ikan Arwana Black Golden


  12. Ikan arwana black golden ini berasal dari negeri tetangga kita, yaitu malaysia tepatnya di daerah Bukit Merah, Johor, Trengganu dan Perak. Seperti namanya ikan arwana ini memiliki warna emas yang dibalut dengan sisik tebal yang berwarna hitam. Jenis ikan arwana ini harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan jenis ikan arwana lainnya. Di karenakan ikan arwana black golden sangat sulit di temukan bahkan di daerah asalnya.

  13. Jenis Ikan Arwana Cross Back Golden / X Black Golden


  14. Ya sama dengan ikan arwana black golden, ikan arwana cross back golden ini juga berasal dari malaysia yang dapat di temukan di berbagai tempat seperti Perak, Trengganu, Danau Bukit Merah dan Johor. Ikan ini memiliki ciri khas warna dasar emas dan pada ujung sirip ekor berwarna merah kecoklatan. Disebut sebagai arwana cross back, karena varietas ini saat dewasa memiliki warna emas penuh hingga melewati punggungnya.

    Ikan Arwana CBG dibagi menjadi beberapa kelas berdasarkan warna dasar sisik, yaitu Purple-Based (warna dasar ungu), Blue-Based (warna dasar biru), Gold Based (warna dasar emas), dan Silver-Based (warna dasar perak).

    Dan untuk harganya sendiri ikan arwana cross back golden dewasa di Indonesia biasa di jual dengan harga Rp 10.000.000 per ekor. Sedangkan untuk harga anakan dibandrol dengan harga Rp 1.500.000 per ekornya.

  15. Jenis Ikan Arwana Red Tail Golden / Golden Red


  16. Jenis ikan arwana red tail golden merupakan salah satu jenis golden yang berasal dari Indonesia, Tepatnya di daerah Pekan Baru, Riau, Sumatera. Berbeda dengan Cross Back Golden (CBG), warna emas pada verietas ini tidak akan berkembang hingga melewati punggung namun hanya akan mencapai baris ke empat sisik (baris sisik dihitung dari bawah, perut), atau bahkan bisa mencapai baris ke lima selain itu sifatnya juga lebih agresif.

    Harga ikan arwana ini lebih murah dari super red, namun ikan arwana ini tetap mempunyai kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Arwana red tail golden berukuran 12 cm dihargai 2 juta, sedangkan ukuran 20-25 cm dihargai 2.5-3.5 juta.

Bagaimana, Apakah Anda tertarik memelihara atupun membudidayakan ikan arwana ini. Kami mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian kata. Terimakasih sudah mengunjungi website kami KetStar. Saran saya agar lebih teliti dalam membedakan jenis jenis ikan arwana terbaik ini ya. Terima kasih.

Saya kagum dengan keindahannya saja, tidak percaya dengan penolak arwah dan lain-lainnya. Harga ikan arwana disetiap bulannya tidaklah stabil, dan cenderung terus mengalami kenaikan.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Jenis-Jenis Ikan Arwana Terbaik Yang Paling Di Cari"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel